Minggu, 23 Januari 2011

GREEN ARCHITECTURE



Akibat pemanasan global sekarang ini mendorong untuk menggunakan konsep rumah hijau atau rumah yang ramah lingkungan.Konsep bangunan ramah lingkungan ini tidak terlalu identik dengan rumah mewah melainkan menggabungkan konsep "Nature" kedalam konsep rumah mereka.

Desain arsitektur hijau adalah desain rancangan bangunan yang memperhatikan banyak bukaan untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan cahaya alami. Sedikit mungkin menggunakan penerangan lampu dan engondisi udara pada siang hari. Bahan baku yang ramah lingkungan berperan penting dalam menjaga kelestarian lngkungan bumi. Konstruksi yang berkelanjutan dilakukan dengan penggunaan bahan-bahan alternatif dan bahan bakar alternatif yang dapat mengurangi emisi CO2 sehingga lebih rendah daripada kadar normal bahan baku yang diproduksi sebelumnya. 

Untuk kerangka bangunan utama dan atap, kini material kayu sudah mulai digantikan material baja ringan. Atas isu penebangan liar akibat pembabatan kayu hutan yang tak terkendali, peran kayu pun perlahan diantikan oleh baja ringan dan aluminium.Semen, keraik, batu bara, aluminium, kaca, dan baja sebagai bahan baku utama dalam pembuatan sebuah bangunan berperan penting dalam mewujudkan konsep bangunan ramah  lingkungan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar